Cara Mengatasi Aki Motor Berkualitas yang Rusak

Bagi pengguna kendaraan bermotor itu harus tahu bagaimana cara memilih aki motor berkualitas dengan benar. Namun, meskipun mereka telah mendapatkan aki yang berkualitas, tetap saja mereka tidak dapat menghindari dari kerusakan pada aki selama pemakaian tersebut berlangsung. Maka dari itulah, saat ini ada banyak orang lebih suka memilih aki kering karena  lebih mudah cara perawatannya dan lebih awet. Dengan pemilihan aki kering dari NS Battery, maka semua prosesnya menjadi lebih mudah dan bebas perawatan.
aki motor berkualitas
Aki kering itu sendiri biasanya disebut juga dengan maintenance free accu. Karena dengan pemilihan aki yang kering, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan sebuah perawatan dan juga peletakkannya dalam posisi yang tegak dan miring. Berbicara tentang fungsinya sendiri, yang namanya aki basah dan juga aki kering itu sebenarnya sama saja. Dilihat dari segi kapasitas amperenya dari yang paling tinggi sampai dengan yang paling rendah adalah sama. Yang membedakan di antara dari keduanya hanyalah dari segi keefisiennya saja.

Namun, bila aki kering ini dibandingkan dengan menggunakan aki basah, maka aki MF ini punya kelebihan yang lebih baik dari segi bahan materialnya. Karena bahannya memakai bantuan dari sparepart khusus yang bisa tahan dari segala macam korosi. Namun, jika Anda melihatnya dari segi harganya, untuk harga dari aki kering itu pada dasarnya jauh lebih mahal dari pada aki yang basah. Bagi pengguna aki kering itu juga harus tahu bagaimana cara untuk memperbaikinya bila terjadi kerusakan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal lagi.

Maka dari itulah, untuk melakukan perbaikan terhadap aki motor yang rusak dan bermasalah, sebaiknya lakukan persiapan di bawah ini dulu. Dimana beberapa bahan dan alat yang harus disiapkan adalah seperti berikut ini:
  • Obeng.

  • Cairan aki.

  • Lem plastik.

  • Kain lap. 

  • SPED atau suntikan plastik.
Sebaiknya cari saja cairan aki baru yang umumnya sering digunakan untuk pengisian aki yang baru. Karena pada umumnya komposisi dari air aki itu berbeda sekali dengan yang dipakai untuk menambah aki. Menggunakan suntikan bekas dari tinta printer itupun juga tidak masalah. Selanjutnya, cara untuk memperbaiki aki kering yang rusak adalah sebagai berikut ini:

Bongkar Akinya!
Sebaiknya bersihkan dulu aki motor yang akan diperbaiki. Akan lebih baik bila Anda membersihkan aki dari bagian luarnya agar kotoran dan juga material yang telah menempel di aki bisa hilang. Untuk cara membersihkannya sangat mudah! Yaitu, dengan menggunakan kain lap yang sudah ada. Bila Anda sudah berhasil membersihkannya, maka kini saatnya Anda untuk membuka aki itu. Untuk cara membukanya bisa memakai obeng. Congkel baigan penutup sampai terbuka, namun jangan sampai pecah dan rusak. Karena hal ini bisa menyebabkan kebocoran pada aki.

Pengisian Air Aki
Bila tutup aki sudah terbuka, maka siapkan saja suntikannya dan kain lap. Pastikan semua bagian luabng karet aki sudah terbuka. Untuk pengisian airnya adalah dengan menaruh air aki ke dalam suntikan, dan masukkan airnya ini ke lubang karet aki sejauh 1 cm tepat di bawah lubang. Lakukan pengisian sampai penuh dan merata. Bila sudah, segera tutup rapat lubang karetnya sampai tidak ada kebocoran. Pastikan Anda telah memasangnya dengan rapat.

Pengisian Daya Listrik 
Isilah tegangan daya atau lakukan penyetruman pada aki motor. Caranya sama seperti ketika sedang mengecas laptop atau HP pada adaptor. Ada 2 cara untuk mengisi aki motor, yaitu:
  1. Pakai cas aki. Alatnya sama seperti trafo untuk mengecas hp atapun laptop. Alat ini biasanya sering dipakai oleh jasa penyetruman aki.

  2. Dengan jamper ke aki motor yang lain. Namun, bila Anda menggunakan cara ini, pastikan kondisi sumber daya akinya sedang dalam kondisi yang prima. Caranya, nyalakan motor selama 30 menit hingga 1 jam. Bila sudah, lakukan pemanasan pada mesin motor pada posisi stasioner sebelum akhirnya memakai perangkat yang lain. Sehingga, posisi aki bisa lebih stabil.
Aki kering motor yang selama ini digunakan oleh sebagian besar orang memang terkenal sekali dengan anti perawatan. Namun meskipun begitu, setiap aki itu memiliki masa kadaluarsa dan jangka waktu pemakaian yang telah ditentukan. Cara untuk melihat jangka waktunya adalah dengan melakukan pengecekan secara rutin dari segi kebersihannya. Semahal apapun aki yang Anda beli, namun bila tidak dijaga dengan baik akan membuat aki cepat rusak.

Maka dari itulah, sebaiknya jaglah kebersihan aki dengan baik. Lakukan pemanasan pada mesin kendaraan bermotor Anda sebelum pemakaian. Ini berlaku sama untuk semua jenis kendaraan bermotor dari aki kering ataupun aki basah. Lakukan juga pengecekan terhadap sekering kendaraan dan penataan kabelnya agar tidak konslet.

Share this

Posted by

loading...