Tips Online Shopping Yang Aman Agar Tidak Mudah Tertipu

Peningkatan teknologi internet di Indonesia saat ini memunculkan banyak sekali web belanja online ataupun e-Commerce. Mereka semua membangun toko online yang menjual aneka ragam barang dan jasa layaknya sebuah mal, dengan kelebihan dan ketiadaan masing-masing. Konsumen semakin terdorong untuk berbelanja karena web belanja online tersebut gencar menawarkan promosi. Dengan harga miring, cashback, hingga promo free ongkos kirim, belanja di web belanja online menjadi style hidup baru, mengganti kerutinan sebelumnya. Tren seperti ini diperkirakan akan tetap berlanjut sampai pada beberapa tahun ke depan.

online shopping

Yup, agar Anda semakin nyaman berbelanja di web belanja online, hendaknya Anda membenarkan telah mengenali cara berbelanja dan bertransaksi dengan aman dan nyaman di web belanja online Indonesia, seperti berikut ini:

1. Lakukan studi terhadap web belanja online
Tips ini harus Anda lakukan bila Anda berbelanja seperti pakaian online di web situs yang jarang Anda gunakan. Cek nomor telepon si penjual dan mendatangi. Bila tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google setelah itu masukkan nama web web tersebut. Carilah ulasan dari konsumen yang pernah berbelanja.

Bila banyak konsumen meringik dengan layanan web tersebut, hendaknya tinggalkan saja web situs itu. Pilihlah web belanja yang menemukan apresiasi positif, dan jauhi web belanja yang menemukan bintang satu ataupun menemukan komplain dan kekecewaan dari konsumen di account media sosialnya ataupun di situsnya.

2. Cek paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik
Tips aman ketiga merupakan cek paket barang dan bacalah deskripsi produk dengan teliti. Waspadalah pada barang berlabel yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar. Bisa jadi barang tersebut palsu, ataupun penjualnya semata-mata pingin berhasil mendapatkan uangmu.

3. Lihat kebijakan web belanja online terhadap data pribadimu
Jangan sampai ada poin yang mengatakan bahwa pengelola web situs tersebut boleh memberikan data individu konsumen ke pihak lain. Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara raga, harus ada garansi bila barang yang Anda terima ternyata cacat.

Pastikan Anda boleh mengembalikan barang cacat itu dan tentu saja ditukar dengan barang baru ataupun uangmu akan dikembalikan. Cek juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.

4. Cari ciri kalau web situs itu aman
Ciri itu biasanya berbentuk gambar kunci gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan data individu, cek ciri keamanan itu ada di web terebut.

Saat Anda dimohon untuk memasukkan data pendaftaran nomor kartu kredit, lihat alamat web situs. Harusnya alamat web situs berbeda dari http ke ‘https’. Maksudnya data pembayaran itu telah dilindungi, lebih amanlah pokoknya.

5. Jangan mudah tergoda barang murah
Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi memohon ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu biasanya kerjaan spammer. Tetapi hati-hati, spammer bisa juga merayu.

Ia mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. hendaknya, kunjungi web belanja online resmi dari perusahaan tersebut dan langsung belanja dari web tersebut. Jangan masuk ke web tersebut via e-mail ataupun jendela pop-up.

6. Pertimbangkanlah cara pembayaran
Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit, melalui ATM, ataupun melalui gerai retail modern. Dengan kartu kredit, Anda punya bukti kokoh kalau Anda sudah melaksanakan transaksi kalau barang tidak diantar ataupun tidak sesuai pesanan.

Tetapi, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan memakai sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, ataupun Cash On Delivery (COD) boleh dipertimbangkan.

Demikianlah beberapa tips agar aman saat berkativitas Online Shopping, biar uang selamat dari penipuan berkedok harga murah. Belanja yang aman dengan menggunakan aplikasi Blibli yang bisa didownload secara gratis di appstore. Selamat berbelanja

Share this

Posted by

loading...