Jenis- jenis Artikel dan Cara Penulisannya

Artikel ini merupakan sebuah karangan pendek yang berisi 300 sampai 100 kata yang biasanya membahas sebuah tema tertentu, tujuan dari pembuata artikel ini biasanya untuk menyampaikann beberapa fakta, pendapat, atau bisa juga sebuah konsep.


Saat menulis sebuah artikel hal paling penting yang harus diperhatikan adalah jenis dari artikel itu sendiri. Jika Anda tidak tahu artikel apa yang Anda tulis maka akan cukup sulit nantinya Anda menarik minat dari pembaca untuk bisa baca artikel yang sudah Anda buat. 

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai contoh artikel yang benar tergantung dengan jenisnya, yuk langsung saja simak penjelasannya:

Artikel Deskripsi
Artikel yang pertama ada artikel deskripsi, tujuan pembuatan artikel ini untuk menuliskan sebuah gambaran dari sebuah fakta supaya pembacanya bisa membayangkan di pikiran mereka. Ini dia cara menulis artikel deskripsi:
1.Tentukan objeknya, pilihlah keadaan dan juga konsep yang ingin Anda deskripsikan
2. Tentukan tujuan untuk penulisan
3. Tentukan mengenai ide pokok
4. Kembangkan tulisan menjadi sebuat urutan berdasarkan waktu, tahun, jam, atau urutan lain.
5. Tutup paragraph dengan membuat kesimpulan dari objek yang di deskripsikan.

Artikel Narasi
Artike ini biasanya dibuat untuk menceritakan sebuah kejadian atau sebuah situasi. Bisa berdasarkan waktu atau bisa juga urutan kejadiannya. Artikel yang satu ini cukup mirip dengan novel, komik, cerpen, dongeng, drama, film, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini dia cara penulisan artikel narasi:
1. Tentukan tema
2. Tentukan tujuan
3. Membuat ide pokok
4. Buat alur cerita, untuk bagian awal buatlah pembukaan yang menarik, di tengah alurnya buatlah konflik yang dialami oleh tokoh, dan untuk bagian akhirnya sudahi dengan anti klimaks.

Artikel Argumentasi
Artikel ini biasanya berisi opini atau pendapat pribadi atau pun organisasi. Latar belakang dari dibuatnya artikel ini biasanya berisi keritik untuk sebuah pendapat. Kritikannya biasanya akan disampaikan secara vulgar, pastinya di sertai dengan berbagai fakta pendukungnya. Ini di acara penulisan artikelnya:
1. Tentukan masalah atau temanya
2. Tentukan tujuannya
3. Kembangkan artikel dengan memberikan data dan juga fakta supaya pendapat yang Anda sampaikan bisa melemahkan pendapat dari orang lain.
4. Tahap akhir berikan kesimpulan.

Artikel Persuasi
Artikel yang selanjutnya biasanya berupa artikel motivasi, karena tulisannya ini berisi bujukan. Tujuan dari pembuatan artikel ini supaya pembaca bisa melakukan suatu yang di sarankan. Artikel yang satu ini lebih sering digunakan oleh para psikoloh, pembisnis, dan juga konsultan. Ini dia cara menulis artikel ini:
1. Tentukan tema
2. Tentukantujuan
3. Masukan ide utama
4. Buat artikel dengan disertai fakta dan juga data yang bisa meyakinkan orang jadi orang yang membaca ini akan tergerak hatinya untuk melakukan hal yang dijelaskan dalam artikel.
5. Beri kesimpulan

Artikel SEO
Artike yang selanjutnya memiliki tujuan untuk membuat pencarian kata jadi lebih optimal dalam mesin pencarian. Artikel ini di tulis secara online di blog atau sebuah situs. Untuk jenis artikelnya bisa beberapa artikel yang telah disebutkan diatas. 

Didalam artikelnya bisa berisi eksposisim narasi, argumentasi, persuasi, hingga deskripsi. Untuk membuat artikel ini memang di butuhkan peraturan tertentu supaya bisa bekerja maksimal. Cara menulis artikel SEO ini juga tidak jauh beda dengan artikel yang lainya yang telah di sebutkan di atas. 

Share this

Posted by