Ini Dia 5 Cara Memilih Ruko Agar Usaha Laris Manis

Membangun usaha tentu saja tidak hanya didukung dengan ketersediaan barang yang akan dijual. Lebih dari itu, membangun usaha juga perlu didukung dengan tempat berjualan, seperti ruko misalnya.


Sama halnya dengan menentukan barang yang akan dijual, menentukan tempat ruko sebagai lahan proses transaksi juga perlu dipikirkan secara matang, seperti kemudahan akses, tempat parkir yang tersedia, kualitas bangunan, pengembang dan jasa arsitek yang digunakan, dan infrastruktur pendukung.

Kenapa? Karena ruko yang dipilih juga dapat menentukan laris atau tidaknya bisnis yang Anda bangun. Oleh sebab itu, pastikan ruko yang Anda pilih memiliki 5 syarat di bawah ini agar bisnis laris manis:

1. Lokasi yang Strategis
Lokasi menjadi point pertama yang perlu diperhatikan dengan detail karena strategis atau tidaknya lokasi ruko sangat berpengaruh pada tingkat penjualan.

So, step pertama Anda wajib memastikan bahwa lokasi ruko yang Anda pilih sangat mudah diakses keberadaannya. Selain itu, penting pula untuk mempertimbangkan kondisi jalan menuju ruko, serta kendaraan apa saja yang bisa berhenti langsung di depan ruko.

Ingatlah hal-hal seperti ini sangat dipertimbangkan oleh konsumen!

2. Sesuaikan Bangunan Ruko dengan Kebutuhan Usaha
Selanjutnya, sesuaikan bisnis yang akan dibangun dengan jenis bangunan ruko Anda. Misalnya Anda membutuhkan ruko 1 atau dua lantai, berbentuk full dinding atau didominasi kaca, dan lain-lain. Kesesuaian ini tentu saja agar setiap space memang digunakan untuk barang Anda dan tidak ada space yang tidak terpakai.

Jadi, usahakan antara jenis produk yang dijual dengan kesesuaian tipe bangunan ini juga match ya.

3. Pertimbangkan Target Konsumen Sekitar Ruko
Selanjutnya, sebelum memilih ruko, tentukanlah target konsumen Anda. Galilah informasi mengenai kepadatan penduduk, hingga pendapatan penduduk area ruko Anda. Semakin banyak penduduk dengan pendapatan yang dimungkinkan menjangkau dan membutuhkan produk yang Anda jual, maka akan semakin mempermudah perkembangan bisnis Anda.

Selain itu, jangan lupa pula untuk mempertimbangkan target konsumen dari lingkungan ruko Anda. Point ini erat kaitannya dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Contohnya, jangan sampai Anda menawarkan jasa sewa internet atau warnet di area yang jauh dari lingkungan pendidikan.

Jadi, pastikan target konsumen bener-bener sesuai dengan semua aspek diatas ya.

4. Pastikan Keamanan Perizinan Tanah
Anda tentunya tidak menginginkan kegiatan bisnis Anda tiba-tiba terganggu dengan orang yang merasa berhak atas tanah tempat ruko Anda dibangun.

Oleh sebab itu, dalam memilih ruko Anda juga perlu memperhatikan dokumen tanah, izin mendirikan bangunan, izin lokasi serta kelengkapan dokumen lainnya dari penjual tanah/ruko.

5. Ketersediaan Lahan Parkir yang Aman dan Nyaman
Ketersediaan parkir juga biasanya menjadi pertimbangan yang cukup kuat bagi konsumen. Dengan demikian, perhatikan lokasi area parker dari ruko pilihan Anda.

Selain itu, pastikan pula keamanan dari lahan parkir. Anda bisa memastikan hal ini pada penjual ruko, atau bisa pula menyewa tukang parkir untuk lebih menciptakan kenyamanan konsumen.

Nah, demikian 5 cara dalam memilih ruko. Pastikan ruko yang Anda pilih memiliki semua point di atas agar ruko Anda laris manis. Jika memiliki masalah di budget dalam membeli ruko yang diinginkan, Anda bisa mengajukan pinjaman berbunga rendah ke pihak bank, salah satunya adalah KTA BRI yang memberikan kemudahan pinjaman tanpa agunan.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share this

Posted by