Asuransi Kesehatan Swasta VS BPJS

Asuransi kesehatan menjadi hal yang sangat penting dan harus dimiliki setiap orang. pasalnya kesehatan merupakan hal paling mahal dan paling krusial. Kesehatan juga bisa menyangkut keselamatan hidup seseorang. Jadi memiliki asuransi kesehatan akan sangat berguna untuk melindungi biaya pengeluaran apabila terjadi sesuatu dengan kesehatan anda. Oleh karena itu, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan macam macam asuransi kesehatan dalam produk asuransi perusahaannya. Dengan berbagai kelebihan dan keunggulan yang diberikan, tidak mengherankan jika seorang mendaftar lebih dari asuransi kesehatan pada suatu perusahaan. Asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi juga beragam. Selain itu, meningkatnya kesadaran masyarakat akan asuransi terutama asuransi kesehatan menjadikan banyaknya perusahaan asuransi yang bermunculan. Bukan hanya perusahaan asuransi milik swasta saja yang banyak memberikan dan menawarkan produk, tetapi dari pihak pemerintah juga memberikan pelayanan kesehatan yang dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.


Namun sebagai nasabah atau konsumen, tentunya anda tahu mengenai hal-hal yang berhubungan dengan asuransi. Baik asuransi milik swasta maupun pelayanan asuransi yang diberikan oleh pemerintah. Terutama asuransi yang menyangkut kesehatan karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap manusia. Dalam mengambil sebuah asuransi kesehatan, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan.
  • Jaringan kerjasama perusahaan asuransi kesehatan tersebut
    Saat anda sakit atau mengalami hal yang berhubungan dengan kesehatan, tentunya anda membutuhkan bantuan dari rumah sakit. Sebelum anda mengambil sebuah asuransi kesehatan pada suatu perusahaan asuransi, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu jaringan atau pihak rumah sakit mana saja yang membangun kerjasama dengan perusahaan asuransi tersebut. Tidak semua perusahaan asuransi dapat bekerja sama dengan berbagai rumah sakit dan klinik. Pastikan rumah sakit disekitar tempat tinggal ada memiliki kerjasama dengan perusahaan asuransi yang sudah anda targetkan.
  • Pilih asuransi kesehatan murni
    Perusahaan asuransi tentunya akan memiliki banyak produk asuransi kesehatan yang beragam. Bukan hanya satu saja. sebagai calon pendaftar asuransi kesehatan, akan lebih baik jika anda mengambil asuransi kesehatan yang murni. Pastikan premi yang anda bayarkan setiap bulannya tidak akan dibagi untuk asuransi lain maupun untuk investasi dalam perusahaan tersebut.
  • Premi asuransi yang sesuai
    Premi merupakan pembayaran wajib asuransi yang dilakukan setiap bulan. Nominal dan batas waktu pembayaran premi sudah ditentukan dalam polis dan sesuai persetujuan pengambil asuransi. Oleh karena itu, sebelum mengambil sebuah asuransi kesehatan, akan lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu pada bagian pelayanan agar bisa mengambil asuransi kesehatan yang sesuai dengan keadaan finansial anda saat ini agar tidak terlalu memberatkan saat melakukan pembayaran premi setiap bulannya.
  • Hindari mengambil asuransi via telepon
    Dengan kemajuan teknologi yang ada, tidak memungkinkan terjadinya penipuan melalui teknologi tersebut. Jika anda menerima penawaran asuransi melalui via telepon, lebih baik anda tidak menerima tawaran tersebut meskipun apa yang ditawarkan bisa menggoda anda. Untuk cari amannya, anda bisa mendatangi kantor perusahaan asuransi yang sudah anda targetkan dan melakukan konsultasi mengenai asuransi kesehatan yang akan anda ambil. Cara tersebut terbilang lebih aman daripada anda menerima penawaran asuransi kesehatan via telepon yang tidak jelas sumbernya.
Hal yang disebutkan sebelumnya merupakan beberapa contoh yang perlu anda perhatikan sebelum mengambil asuransi kesehatan. Baik dari perusahaan milik swasta maupun milik pemerintah. Sedangkan pelayanan kesehatan dari pemerintah yang akrab dalam kalangan masyarakat adalah BPJS. Layanan kesehatan tersebut merupakan asuransi kesehatan yang dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat dan sangat membantu apabila terjadi masalah dengan kesehatan anda.

Share this

Posted by