Tips Bisnis Aman dengan Modal Nonjaminan

Ketika memulai suatu usaha menghadapi risiko merupakan salah satu fase yang mau tidak mau akan kita rasakan. Mulai dari merencanankan, mencari modal, hingga membangun bisnis, risiko merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Apalagi jika bisnis yang dibangun dimodali oleh pinjaman nonjaminan.


Peluang untuk mengalami kerugian dan kehilangan usaha akan terus membayangi. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dibutuhkan strategi serta perencanaan khusus. Nah, jika ini yang sedang dialami, jangan khawatir. Berikut merupakan beberapa tips bisnis aman dengan modal usaha tanpa jaminan,

1. Lakukan Perhitungan Modal dengan Baik
Sebelum memutuskan untuk memanfaatkan pinjaman nonjaminan, sebaiknya kita tahu berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha yang diinginkan. Untuk itu diperlukan perhitungan yang seksama, teliti, serta matang. Agar memperoleh nominal yang sesuai, pertimbangkan setiap aspek yang ada.

Buatlah catatan kecil tentang berapa besaran dana yang dibutuhkan, pembelian apa yang harus dilakukan, dan hal-hal lain yang sekiranya membutuhkan biaya. Ketika menemukan jumlah dana yang dibutuhkan, buatlah perencanaan keuangan tentang bagaimana cara kita mengembalikan dana tersebut tepat waktu.

Jika saat merencanakan ditemui kendala, sebaiknya hitung ulang modal yang dibutuhkan agar kita tidak perlu direpotkan dengan risiko-risiko keuangan di masa yang akan datang.

2. Siapkan Persyaratan yang Dibutuhkan
Seperti halnya pinjaman konvensional, modal usaha tanpa jaminan juga membutuhkan dokumen-dokumen tertentu pada saat proses pengajuan. Agar prosesnya mudah, sebaiknya siapkan persyaratan yang dibutuhkan dengan baik dan teliti. Biasanya pemodal akan membutuhkan data pribadi berupa KTP, KK, Kartu NPWP, dan Surat Izin Mendirikan Usaha.

Sebaiknya siapkan dokumen tersebut beserta beberapa lembar kopiannya untuk berjaga jika suatu saat nanti terjadi hal yang tidak diinginkan. Setiap lembaga biasanya memiliki prosedurnya masing-masing, jadi selain persyaratan umum di atas, siapkan pula persyaratan yang diberikan oleh bank tempat kita mengajukan pinjaman.

3. Pilih Lembaga Keuangan yang Tepercaya
Tips terakhir, pilihlah lembaga keuangan yang kompeten dan tepercaya sebagai pemodal. Untuk mengetahui apakah sebuah lembaga bermasalah, Anda bisa mencari informasinya di internet. Pastikan lembaga yang dipilih benar-benar memiliki rekam jejak yang baik untuk menghindari risiko penipuan.

Lembaga keuangan atau bank tepercaya biasanya sudah diakui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), memiliki alamat dan kontak yang jelas, serta memiliki reputasi yang baik. Jadi selain internet, jangan ragu untuk meminta pendapat teman, rekan, dan kerabat tentang lembaga keuangan recommended untuk mengajukan kredit tanpa agunan.

Itulah beberapa tips  bisnis aman dengan modal usaha tanpa jaminan. Semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi untuk menghindari risiko-risiko bisnis yang mengancam keberlangsungan usaha kita.

Share this

Posted by

loading...