Cara Aman Pinjam Uang di Pinjaman Online

Pinjaman uang online akhir-akhir ini menjadi populer karena syaratnya yang mudah dan prosesnya yang cepat. Kemunculan platform pinjaman online ini tentu saja bagaikan oase di tengah gurun gersang bagi orang-orang yang butuh dana tunai dalam waktu cepat.


Tetapi, meskipun demikian, nyatanya juga banyak orang yang masih merasa takut untuk meminjam uang secara online meskipun sedang sangat membutuhkan uang. Bagi mereka tingkat keamanan transaksi masih meragukan. Apalagi akhir-akhir ini marak terjadi penipuan berkedok pinjaman online ini.

Lantas bagaimanakah cara aman meminjam uang secara online ini?

Berikut tips sederhana cara aman pinjam uang di pinjaman online.

1. Pilih aplikasi pinjaman online yang resmi sebelum di download
Sebelum melakukan transaksi pinjaman uang online, perhatikan dengan seksama jenis pinjaman online tersebut. Apakah perusahaannya sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), karena perusahaan yang resmi terdaftar di OJK akan mengikuti prosedur dan tata cara yang berlaku mulai dari cara penagihan, besaran bunga pinjaman, dan lain-lain.

2. Pilih aplikasi pinjaman online yang suku bunganya rendah
Tidak bisa dipungkiri, suku bunga yang rendah pasti jauh menguntungkan. Jadi carilah aplikasi pinjaman online yang menawarkan suku bunga lebih rendah. Monily pinjaman online adalah salah satu dari sekian banyak fintech yang menawarkan suku bunga lebih rendah.

3. Catat tanggal jatuh tempo
Salah satu faktor yang membuat orang bermasalah saat meminjam uang adalah lupa tanggal jatuh tempo, sehingga mengakibatkan terlambatnya pembayaran. Jangan sekali-kali lambat atau lupa membayar cicilan pinjaman, karena ini akan beresiko terhadap buruknya kredibilitas Anda. Agar terhindar dari resiko ini, catatlah tanggal jatuh tempo angsuran pinjaman Anda saat pinjaman Anda cair.

4. Ingat jumlah uang yang dipinjam
Maraknya penipuan online saat ini kerap membuat orang menjadi was-was. Tapi, Anda tidak perlu kuatir selagi Anda mengingat jelas jumlah uang yang dipinjam. Buat catatan khusus untuk mengontrol angsuran pinjaman Anda.

5. Jangan titip angsuran kepada orang lain
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan pernah menitipkan angsuran pembayaran Anda ke pihak lain, sekalipun adalah orang dekat yang Anda percayai. Jika Anda membayar melalui petugas, pastikan Anda menerima resi bukti pembayaran yang asli dan sah, terdapat stempel, tanda tangan dan nama jelas petugas penerima angsuran. Simpanlah bukti pembayaran Anda dengan rapi dan berurut setiap bulannya.

Share this

Posted by

loading...