5 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil agar Bayinya Sehat

Orang tua mana sih yang tak mau bayinya lahir dalam keadaan sehat? Nah, jika Anda menginginkan hal ini, sebagai ibu hamil, Anda harus mengonsumsi berbagai makanan yang baik untuk ibu hamil guna memenuhi kebutuhan nutrisi bahkan buat si kecil lebih tinggi nantinya. Ada banyak makanan yang bisa Anda konsumsi. Apa saja?


1. Ubi Jalar
Ubi jalar mengandung banyak beta karoten yang merupakan senyawa yang mampu berbah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Selain itu, vitamin ini juga sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan tubuh janin dan membuatnya jadi lebih sehat. Mengonsumsi ubi jalar juga mampu menurunkan kadar gula sehingga ibu hamil juga jadi lebih sehat.

2. Produk Susu
Selama hamil, ibu hamil juga diwajibkan untuk mengonsumsi berbagai produk susu terlebih yang mengandung protein dan kalsium dalam jumlah tinggi. Kedua senyawa ini sangat bagus untuk pertumbuhan janin. Pilihlah produk susu yang mengandung banyak bakteri probiotik, ya! Ini juga akan mendukung kesehatan Anda selama masa kehamilan.

3. Ikan Salmon
Ibu hamil harus mendapat asupan Omega 3 yang cukup. Omega 3 ini sangat penting selama masa kehamilan terutama untuk kandungan DHA dan EPA-nya. Jenis makanan yang baik untuk ibu hamil dengan kandungan tersebut adalah ikan salmon. Makanan ini bisa membantu membangun otak dan mata janin sehingga jadi lebih sehat nantinya.

Hanya saja, jumlah yang dikonsumsi juga tak boleh terlalu banyak. Ibu hamil sebaiknya hanya makan dua kali seminggu ikan ini. Itu dikarenakan kandungan mercuri dan pencermaran yang bisa saja terdapat dalam makanan tersebut. Ikan salmon juga kaya akan vitamin D yang mampu membantu pertumbuhan tulang si kecil.

4. Alpukat
Selain itu, sangat disarankan pada ibu hamil untuk mengonsumsi alpukat. Makanan ini mengandung asam lemak tak jenuh yang kaya. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak yang tinggi, vitamin B, K, E, C, asam folat serta potasium. Oleh sebab kandungannya yang sangat banyak inilah alpukat menjadi makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Lemak tak jenuh dalam makanan ini mampu membantu membangun kulit, otak, serta jaringan tubuh janin. Selain itu, asam folat yang dikandungnya juga mampu mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin. Lain lagi dengan potasium. Ini bisa meredakan sakit yang dialami ibu hamil, terlebih pada area kaki.

5. Biji-Bijian Utuh
Segala yang berasal dari biji-bijian utuh seperti oatmeal, roti dan beras cokelat sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Makanan ini mengandung banyak serat, zat beso serta vitamin B. Makanan ini mampu menjadi sumber energi yang penting untuk ibu hamil sehingga bisa jadi lebih sehat dan bayi di dalam kandungannya pun lebih sehat pula.

Jadi, sudahkah Anda mengonsumsi berbagai makanan yang baik untuk ibu hamil di atas? Selain mengonsumsi makanan di atas, jangan lupa juga untuk konsumsi air yang banyak. Untuk menurunkan risiko dehidrasi yang bisa berakibat fatal untuk ibu dan janin. Nah, bila Anda butuh info lain seputar kehamilan, kunjungi saja ibudanbalita.com, ya!

Share this

Posted by