Jenis-Jenis Cat yang Digunakan untuk Print Kaos

Selain jenis mesin yang digunakan untuk memulai usaha print kaos Anda juga perlu mengetahui jenis cat yang bisa digunakan. Cat yang digunakan akan menghasilkan cetakan yang berbeda-beda pada kaos. Kualitas dari kaos yang dihasilkan juga dipengaruhi oleh cat yang Anda gunakan nantinya. Berikut ini jenis cat yang digunakan.

print kaos
  1. Cat Karet atau Rubber
    Jenis cat karet yang secara umum digunakan pada usaha print kaos karena cat ini dapat digunakan pada bahan kaos gelap mau pun terang. Tipe cat ini adalah hasilnya yang akan menutup lapisan serta kain sehingga memerlukan kemahiran untuk menyesuaikan campuran cat dengan tekstur kain. Penyesuaian dilakukan untuk menghasilkan cetakan yang tahan lama.

  2. Cat Plastisol
    Plastisol merupakan jenis cat yang berbasis minyak. Cat ini biasanya digunakan pada sablon raster yang cenderung sangat detail. Menggunakan cat plastisol akan menghasilkan cetakan desain pada baju dengan kualitas yang tinggi.

    Hanya saja bagi Anda yang baru memulai usaha bisnis kaos dan ingin menjual dengan harga yang miring tidak cocok untuk menggunakan cat jenis ini. Baju dengan menggunakan cat ini akan memiliki harga jual yang tinggi karena untuk mengeringkan catnya saja Anda harus menggunakan sinar infrared.

  3. Cat Pigment
    Jenis cat ini digunakan pada bahan kaos yang berwarna terang karena cat memiliki sifat yang menyerap ke bagian dalam serat bahan kaos. Anda yang ingin membuka usaha sablon kaos Jakarta perlu memastikan bahan kaos dengan warna apa yang akan dicetak untuk menyesuaikan cat yang akan digunakan. Pengetahuan Anda diperlukan agar mampu bersaing dengan pasar.

  4. Cat Glitter
    Cat gliter digunakan pada kaos yang desainnya cenderung digunakan untuk kaos perempuan. Cat gliter yang ada pada kaos memberikan kesan mewah dan biasanya digunakan pada kaos dengan bahan catton combed. Koas dengan cat ini juga biasanya digunakan pada baju anak-anak perempuan yang lucu.

    Ada juga cat yang terlihat di tempat gelas yang sering dianggap menggunakan cat gliter padahal cat yang digunakan mengandung fosfor. Efek ini terlihat pada bahan cat rubber, pigmen, dan juga plastisol. Anda bisa memastikannya dengan memegang langsung sablon pada baju.

  5. Cat Foil
    Jenis cat ini membuat baju kaos Anda terlihat berbeda dengan desain seperti menggunakan kertas logam dan alumanium. Jenis cat ini biasanya digunakan pada baju olah raga untuk membuat nomor pada baju. Selain foil ada juga cat flocking yang cat diganti dengan beludru.
Sebelum membuka usaha print kaos Anda harus menentukan target pasar yang ingin dituju agar bisa menyesuaikan jenis mesin dan cat yang akan digunakan. Pastikan Anda melakukan promosi yang gencar agar usaha Anda diketahui dan dikenal oleh para calon konsumen. Anda juga harus memperhatikan lokasi yang strategis sebelum membuka usaha.

Share this