Resep Daging Sapi Teriyaki Super Nikmat Di Lidah

Bagi penggemar masakan Jepang, tentu tak asing dengan kata “Teriyaki”. Teriyaki merupakan tutorial memasak makanan ala Jepang, di mana bahan makanan dipanaskan alias dipanggang dan dilapisi dengan kecap, sake/mirin/gula beraroma yang kemudian disebut saos Teriyaki.

Memasak Beef Teriyaki sendiri lumayan sederhana yakni mencelupkan daging yang bakal dipanggang ke dalam saus teriyaki, diolesi, dan dipanggang hingga sangatlah masak. Tutorial inilah yang kemudian membikin daging yang dimasak ala Teriyaki terasa manis, legit, dan meresap bumbunya.

Menu Beef Teriyaki umumnya memakai daging sapi bernilai. Tetapi, bumbu Teriyaki ini sebetulnya juga dapat dipakai untuk daging ayam alias ikan. Tak sama dengan bumbu Teriyaki yang dipakai di Jepang, bumbu Teriyaki di Indonesia biasanya ditambahkan bawang boombay dan jahe sebagai penguat rasa.

beef_teriyaki

Asal Mula Beef Teriyaki

Teriyaki berasal dari Jepang, dengan kata dasar “Teri” yang berarti bersinar (sebab mempunyai kandungan gula di dalamnya) dan “Yaki” (dipanggang alias dibakar). Diduga, teriyaki berasal dari kurang lebih abad ke-17 dan timbul saat imigran Hawai mengunjungi Jepang dan mempergunakan bahan apa pun yang ada di sana untuk dikonsumsi.

Mereka menemukan produk lokal sepeti jus nanas, yang kemudian mereka campur dengan kecap. Tergoda oleh rasa manis dan lezat yang dihasilkan, Teriyaki terus terkenal di kalangan masyarakat.

Di Jepang, Teriyaki biasa dipakai untuk mengolah makanan berbahan dasar ikan. Tapi sebetulnya, ada tak sedikit bahan makanan yang dapat dipakai untuk membikin Teriyaki mulai dari ikan (semacam ikan tongkol, mackerel, trout, marlin), cumi, daging (ayam, sapi, babi), maupun dari ubi konnyaku. Di Jepang, ikan merupakan bahan yang paling tak jarang dipakai untuk membikin Teriyaki. Sementara, daging biasanya dimasak memakai teknik yakiniku.

Tetapi, perkembangan terus terjadi. Hampir semua tipe makanan mulai ikan, makanan laut, daging, diolah dengan Teriyaki. Di Indonesia, Teriyaki lebih tak sedikit dipakai untuk memasak daging ayam maupun sapi. Sementara di Barat, Teriyaki juga dipakai untuk mengolah daging kambing dan babi. Bumbu yang dipakai di dalam sausnya juga mengalami penyesuaian alias perubahan. Di Indonesia, kami memakai bawang putih, bawang bombay, dan jahe.

Resep Beef Teriyaki

Bahan utama:
  • Paprika merah 100 gram (potong memanjang)
  • Paprika kuning 100 gram (potong memanjang)
  • Dagi sapi has dalam 700 gram (potong)
Bahan Saus Teriyaki:
  • Kecap payau 6 sdm
  • Kecap manis 6 sdm
  • Saus tiram 3 sdm
  • Madu 2 sdm
  • Jahe 2 cm (diparut)
  • Bawang putih 4 siung (dihaluskan)
  • Bawang bombai 100 gram (dipotong memanjang)
  • Lada hitam ½ sdt
  • Minyak wijen 1 sdm
Cara memasak:
  1. Buatlah saus teriyaki dengan tutorial memasukkan semua bahan menjadi satu, mengaduknya hingga tercampur rata. Pastikan pula tak ada bahan yang tetap utuh dan tak tercampur rata.
  2. Masukkan daging yang sudah dipoton ke dalam saus rendaman. Lalu, lumiri daging sapi hingga merata. Seusai itu, diamkan kurang lebih 15–20 menit supaya bumbu meresap
  3. Siapkan wajan kemudian masukkan margarin alias minyak ke dalamnya.
  4. Nyalakan api dengan panas sedang alias kecil. Kemudian, masukkan daging sapi dan saus perendamnya.
  5. Seusai daging sapinya matang, masukkan paprika merah dan kuning. Masak hingga semua bahan matang
  6. Seusai semua matang, angkat wajan kemudian letakkan hasil masakan Anda di piring. Jangan lupa untuk meperbuat garnish supaya hasil lebih sempurna. Anda dapat mempergunakan irisan tomat, wortel, brokoli, kola tau yang lainnya.

Share this

Posted by