5 Gaya Arsitektur Rumah Bali Tradisional dan Modern

Desain rumah Bali sangat terkenal hingga mancanegara. Gaya arsitekturnya juga megah dan elegan. Anda pasti takjub dengan aneka konsep hunian gaya Bali ini. Banyak penawaran rumah siap huni di daerah Bali, sehingga Anda bisa mendapatkan hunian yang layak. Sebagai referensi, berikut ini terdapat beberapa gaya arsitektur hunian Bali tradisional dan modern.

1. Rumah Tradisional Bali
Hal yang bersifat tradisional masih terus mendapatkan tempat yang layak di negeri ini maupun negeri-negeri lain. Buktinya, hal-hal yang menyangkut sejarah dan kuno masih sering diburu dan dikagumi. Tidak hanya benda, desain rumah pun mendapat tempat yang layak. Salah satunya rumah tradisional Bali.

5_desain_rumah_bali

Tipe pertama dari rumah yang menarik di Bali adalah rumah tradisional Bali. Berangkat dari desain rumah adat zaman dahulu, desain hunian tradisional Bali masih ada sampai saat ini. Gaya arsitekturnya sangat khas dan berbau unsur etnis. Anda dapat melihat kesan tradisionalnya mulai dari bentuk bangunan dengan sebagian besar material kayunya.

Bentuk atapnya yang masih segitiga juga merupakan identitas rumah tradisional Bali. Teras rumah tipe ini juga mempunyai tiang-tiang penyangga yang terbuat dari kayu. Di bagian bawah dan atas menggunakan ornamen klasik. Pada bagian dalamnya, Anda bisa menggunakan furnitur kayu, warna cat yang klasik, serta ornamen dan lampu hias klasik.

2. Hunian Klasik Tipe2 Lantai
Hunian klasik dari Bali mempunyai banyak tipe. Salah satunya adalah tipe 2 lantai yang umumnya dibangun di atas lahan yang terbatas. Rumah klasik tipe 2 lantai dari Bali ini mempunyai tiang-tiang kayu dengan ukiran yang menawan. Warna cat dinding rumah Bali ini berwarna klasik, seperti putih yang berpadu dengan merah bata dan cokelat.

Tema di setiap ruangan juga mengandung unsur etniskhasdaridaerah Bali, seperti furnitur dari kayu, lampu zaman dahulu, dan ornamen lainnya. Untuk desain eksteriornya, jendela dan pintu dibuat dengan model tradisional. Desain rumah klasik Bali 2 lantai ini sangat cocok untuk hunian karena punya suasana asri dengan tanaman hijau di halamannya.

3. Rumah Bali Klasik Modern
Sentuhanklasikseringkalidicampurkandengansentuhan modern.Ternyata di Bali juga terdapat rumah klasik modern yang merupakan perpaduan antara arsitektur trasidisional atau modern yang sangatlah memukau. Anda dapat memilih rumah ini sebagai hunian nyaman. Perpaduan tersebut dilakukan dalam hal material rumah, desain interior dan eksterior, serta furnitur yang digunakan.

Jika rumah klasik ala Bali menggunakan banyak tiang kayu dan sebagian besar materialnya adalah kayu, maka material rumah klasik modern menggunakan material campuran. Rumah klasik modern dari Bali menggunakan kayu sebagai tiang dengan dinding batu bata. Furnitur yang digunakan terbuat dari kayu dengan ukiran klasik.

4. Rumah Bali Modern Model 4 Tampak
Arsitektur rumah modern ala Bali selanjutnya adalah rumah modern dengan model 4 tampak. Bagian interior rumah model ini tergolong luas, terutama pada bagian ruang tengah yang dialokasikan untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan. Karena ruang tengahnya cukup luas, maka ruang makan umumnya punya desain terbuka atau open plan.

Ruang makan didesain dengan akses yang terhubung dengan view luar, seperti halaman belakang atau taman belakang. Selain itu, terdapat teras kecil di bagian samping kanan dan kiri rumah dengan pintu kaca ataupun jendela kaca untuk melihat pemandangan luar. Di bagian depan, rumah ini mempunyai teras dengan tempat duduk menghadap halaman depan.

Dengan demikian, desain rumah Bali ini mempunyai 4 sisi yang indah dan terdapat akses ke luar rumah. Hal tersebut menjadi ciri khas rumah modern Bali dan dinamakan rumah model 4 tampak. Dengan desain seperti ini, Anda bisa mempunyai hunian yang nyaman sekaligus indah. Sirkulasi udaranya terpenuhi dan suasana di dalam rumah tidak membosankan.

5. Hunian Gaya Bali Minimalis Modern
Gaya arsitektur hunian gaya Bali yang terakhir adalah desain minimalis modern. Arsitektur modern yang minimalis ini memberikan peluang bagi Anda yang punya lahan terbatas, namun ingin hunian yang tetap memadai. Hunian minimalis Bali yang modern juga sudah punya beragam model. Rumah tipe ini punya desain interior dan eksterior yang menarik.

Pintu rumah menggunakan model sliding dengan ornamen khas Bali yang indah. Tata lampunya juga memukau dan menyatu dengan tema ruangan yang modern. Furnitur yang digunakan merupakan furnitur minimalis yang multifungsi, namun tetap punya desain menarik dengan ukiran khas Bali yang unik.

Demikianlah aneka model hunian gaya Bali yang sangat memukau. Gaya arsitektur Bali yang tradisional dan modern tersebut sangat menarik jika digunakan sebagai hunian keluarga Anda. Kenyamanan akan tercipta ketika berada di dalam rumah. Anda dapat memilih satu di antara arsitektur rumah Bali yang menakjubkan tersebut demi keistimewaan hunian.

Share this

Posted by