9 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Sehingga Membutuhkan Service Kulkas Jakarta Timur

Di dalam kehidupan sehari-hari, kulkas memiliki peran yang penting. Kulkas dapat menjadi tempat untuk menyimpan makanan agar tetap terjaga kualitasnya. Contohnya seperti sayur, buah, serta daging. Tidak heran, hampir setiap rumah memiliki kulkas yang terletak di bagian dapur. Berkat kulkas, sirup yang kita buat juga menjadi segar karena kulkas dapat membuat membekukan air menjadi es batu. Namun, ketika bermasalah, kulkas bisa berubah menjadi tidak dingin. Akibatnya, bahan makanan yang kita simpan di dalam kulkas menjadi tidak segar. Untuk memperbaiki masalah ini, kita harus mengetahui dahulu penyebab kulkas tidak dingin. Terdapat 9 penyebab kulkas tidak dingin sehingga membutuhkan service kulkas jakarta timur. Simaklah ulasannya berikut ini.
service kulkas jakarta timur

1. Evaporator Bocor

Masalah pertama yang dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin ialah adanya kerusakan pada bagian evaporator. Kemungkinan, evaporator pada kulkas kita tertusuk oleh benda tajam. Ketika evaporator bocor, seluruh gas freon di kulkas secara otomatis akan keluar. Hal ini tentu akan menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin lagi. Oleh karena itu, kita tidak boleh menggunakan benda tajam ketika membersihkan bunga es di kulkas.

2. Thermostat Putus

Masalah kedua yang akan menyebabkan kulkas kita tidak dingin ialah thermostat yang putus. Perlu kita ketahui, setiap kulkas dilengkapi dengan thermostat yang berfungsi mengatur suhu. Apabila thermostat di kulkas putus maupun rusak, maka kompresor tidak dapat memperoleh pasokan listrik. Akibatnya, kulkas tidak dapat menjadi dingin.

3. Overload Rusak

Overload merupakan salah satu komponen kulkas yang letaknya menempel pada bagian kompresor. Komponen ini memiliki fungsi yang sama seperti relay. Apabila kompresor terlalu panas, overload kulkas akan memutus aliran listrik yang menuju kompresor. Hal ini akan menyebabkan kompresor tidak menerima listrik sehingga tidak dapat mendinginkan kulkas.

4. Penyumbatan Saluran Freon

Hal lainnya yang dapat menyebabkan kulkas tidak dingin ialah adanya penyumbatan pada saluran freon. Selain kulkas, masalah ini dapat juga terjadi pada semua jenis pendingin. Mulai dari freezer, chiller, sampai upright freezer. Deteksi masalah ini dapat dilakukan dengan mengecek bagian kondensator. Apabila kondensator tidak terasa panas sama sekali, kemungkinan saluran freon mengalami penyumbatan.

5. Pintu Tidak Rapat

Ketika kulkas tidak dingin, sebenarnya kita tidak langsung memanggil teknisi kulkas. Kulkas yang tidak dingin bisa saja disebabkan oleh masalah yang sederhana, yakni pintu kulkas. Apabila pintu tidak tertutup rapat, kulkas tidak akan berfungsi dengan maksimal. Hal ini dapat terjadi karena kelalaian kita maupun masalah pada magnet dan pintu kulkas yang tidak dapat menempel erat lagi. Untuk mengatasinya, kita perlu mengganti karet pintu kulkas.

6. Kompresor Lemah

Kompresor merupakan komponen terpenting pada kulkas. Jika mengalami kerusakan, tentu kulkas kita tidak dapat dingin. Kita perlu mengganti kompresor yang rusak dengan kompresor yang baru.

7. Timer Rusak

Jika memiliki kulkas dua pintu, kita akan melihat timer otomatis. Timer tersebut berfungsi mengatur semua komponen dalam kulkas. Apabila timer otomatis mengalami kerusakan, kulkas tidak akan dingin.

8. Kipas Fan Rusak

Masalah lain yang dapat menyebabkan kulkas tidak dingin ialah kipas fan yang rusak. Perlu diketahui, kipas fan hanya dapat ditemukan pada kulkas dua pintu. Apabila kipas fan tidak bisa berputar, hawa dingin pada evaporator tidak dapat menyebar ke seluruh kulkas. Hal ini tentu membuat kulkas menjadi tidak dingin.

9. Fuse Putus

Masalah terakhir yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin ialah fuse yang putus. Fuse merupakan bagian kulkas yang terletak di di bagian atas freezer kulkas dua pintu. Komponen ini berfungsi untuk mencairkan bunga es. Apabila rusak, bunga es pada kulkas akan menumpuk sehingga kulkas menjadi tidak dingin.

Sumber: http://belajarelektronika.net/penyebab-kulkas-tidak-dingin/

Share this

Posted by